27 Juni 2008

PROBLEMATIKA PETANI TEMBAKAU

Tanaman tembakau menjadi komoditi perkebunan pengganti palawija bagi petani Peniron di musim kemarau. Hampir sebagian besar sawah di Peniron yang tadah hujan disulap menjadi ladang tembakau.

Seperti daerah lain, terutama desa-desa di kecamatan Karanggayam seperti Pagebangan, Clapar, Logandu, Kebakalan dan sekitarnya, budidaya tembakau menjadi andalan petani untuk berharap mendapat keuntungan yang besar.
Dari jenisnya, tanaman tembakau di Peniron juga sama seperti daerah di atas, yaitu tembakau dengan daun tebal yang tentu mempunyai kadar nikotin yang cukup tinggi.

Di Peniron ada jenis tembakau yang menjadi primadona dan cukup terkenal dikalangan petani dan tengkulak/pedagang tembakau, yaitu tembakau Kali Keji. Dinamakan demikian karena tembakau jenis ini adalah tembakau yang ditanam disepanjang daerah kali Keji, anak sungai Cungkup.

Bagi penikmat dan pedagang, tembakau dari daerah ini konon mempunyai rasa yang khas dan lebih baik dari daerah lain sehingga harga jualnya pun lebih tinggi. Bahkan untuk mendapat keuntungan yang lebih besar, para juragan tembakau mencampurnya dengan tembakau dari daerah lain seperti dari Karanggayam yang harganya lebih murah.

Bertanam tembakau sebenarnya sangat menguntungkan petani karena harga jual yang didapat cukup tinggi. Seorang petani tembakau Ratim (43 tahun) menuturkan, tahun lalu dari bertanam 400 ubin yang ditanami sekitar 5000 batang, dirinya bisa mendapat uang sekitar 5.000.000,- dari tengkulak tembakau.

Tetapi, ada beberapa kendala yang selalu menghantui petani tembakau Peniron diantaranya :
  1. Kendala permodalan. Bertani tembakau memerlukan perawatan yang ekstra untuk mendapatkan tembakau yang baik. Dengan harga pupuk dan obat pertanian yang mahal tentu sangat memberatkan petani.

  2. Kendala pemasaran. Di Peniron, petani tidak menguasai akses pemasaran sehingga menjadi makanan empuk bagi para tengkulak. Yang lebih tragis, model pembayaran dari tengkulak tidak cash and carry.

  3. Kendala alam. Semakin kurangnya sumber air untnuk merawat tanaman sangat mempengaruhi beratnya menanam tembakau bagi petani. Bahkan, demi mendapatkan air, petani menyirami tanaman pada malam hari. Belum lagi, karena sekarang banyak yang menggunakan pompa air, maka ada biaya tambahan untuk membeli pompa air karena jika tidak menggunakan pompa tidak akan mendapatkan air.

  4. Kendala manajerial. Terutama karena tidak adanya kelompok tani tembakau, maka kendala permodalan dan pemasaran selalu menjadi masalah klasik. Posisi tawar petani yang sangat lemah menjadikan petani tembakau hanya menjadi korban permainan oleh para tengkulak. Perlu ada pendampingan/pembinaan untuk pemberdayaan terhadap petani.

Entah sampai kapan daur ketidakberdayaan ini akan selalu menghantui petani tembakau. Padahal, dengan kualitas tembakau yang baik, seharusnya petani bisa menjadikan posisi tawar tinggi dimata pemilik modal.

Seharusnya, karena di tiap kecamatan ada Petugas Lapangan Pertanian (PPL), masalah seperti ini menjadi ladang garapannya untuk membantu petani lebih berdaya.
Atau mungkin dari pihak Pemerintahan Desa mulai memberi perhatian dengan memfasilitasi kepentingan petani tembakau.

5 komentar:

  1. memang, masalah ini dari dulu blum terpecahkan


    bahkan kyknya makin lama makin berat

    kl d watulawang sih mungkin ga ada yang pake pompa, tapi untuk nyiram tanaman tembakau nya harus "ngangsu", mikul air pake drum isi 25 liter an sejauh ratusan meter.

    kl masalah tengkulak, ini mungkin jadi suatu dilemma, hehe.

    BalasHapus
  2. Bang Shunichirou : Sebenarnya di Penironpun masih banyak yang nyiram pake "blek", terutama bagi yang lahan sempit atau yang tak punya duit untuk beli pompa.

    Problem petani sepertinya memang akan terus menjadi penyakit kambuhan.

    Perhatian pemerintah pada pemberdayaan petani masih sangat kurang. PPL seperti kebanyakan pegawai pemerintah lainnya, hanya asal kelihatan kerja dan membuat laporan.

    Bahkan LSM seperti Dewan Tani hanya bermotif profit dan berteriak jika ada order.

    Kelompok tani juga sama saja, hanya untuk menunggu bantuan, sementara program memberdayakan anggota tidak ada.

    Tetapi petanipun juga kadang susah untuk diberdayakan karena faktor SDM. Susah untuk diajak dan berpikir lebih maju.

    BalasHapus
  3. memang bagi yang belum paham betul soal menanam tembako keliatanya gampang/disepelekan, padahal kalo menanam tembako kaya ngurus bayi yang baru lahir, bayangin aja pagi2 dikasih mimi terus di elus2/buang uletnya, sore dipijit tanahnya sambil dikasih mimi lagi, dah gitu kaya petani tembako sendiri banayk yang kena tipu oleh para tengkulak tembako sendiri, cuma dikasih janji2 tok sementara ga dibayar, cuma di utang tok, pan kasihan para petani tembako.

    BalasHapus
  4. bagus sekali artikelnya.

    BalasHapus
  5. wah apik kiye postingane, bloggere sapa jenenge jane rika. mampir ya marang bloge enyong sing alamate nang www.bangmisno.com aku ya asale sekan peniron tapi siki manggone nang sindanghaji. Lha masalah tembakau memang harus ada pemahaman dari segi sosial, pengolahan dan lain sebagainya. harus dipandang dari berbagai sudut agar ketemu titik terang. salam dari bangmisno... calone moga duwe bojo seko tegong. hehe Aamiin...

    BalasHapus

- Urun rembug
- Nerusna dopokan
Saran: untuk lebih mempercepat, silahkan langsung pilih profil Anda pada pilihan Nama/URL dengan menuliskan Nama dan URL Anda.