24 Juni 2008

PERNIK UNIK DI TPS PILGUB 2008

Pilgub Jateng 2008 telah usai. Walau hasil resmi belum diumumkan, tetapi hasil quick count menetapkan pasangan Bibit – Rustri-lah yang keluar sebagai pemenang. Sebagai warga Kebumen, mudah-mudahan hasil resmi dari KPUD tak berbeda dengan hasil quick count lembaga survey.

Dari beberapa kali Pemilu, mungkin baru Pilgub inilah yang memunculkan beberapa hal baru hasil kreatifitas pekerja KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).
Selain bertujuan membuat sensasi tentunya, kreatifitas ini juga dimaksudkan agar suasana KPPS lebih menarik sehingga membuat calon pemilih menjadi tertarik untuk menggunakan hak pilihnya.

Diantara keunikan itu antara lain:
  • Di TPS V yang berlokasi di Perkutukan, para punggawa KPPS menggunakan adat Jawa sebagai seragam. KPPS yang diketuai Bapak Kasid ini menggunakan pakaian adat Jawa lengkap minus keris. Hal ini tentu menjadi magnet tersendiri bagi calon pemilih.

  • Keunikan lain ada di TPS VI dengan menggunakan 2 (dua) jenis huruf pada papan petunjuk di TPS yaitu huruf Jawa dan Latin. Disamping itu, TPS ini memodifikasi atap TPS berupa atap yang dibentuk kerucut besar. Sekilas, atap itu mirip atap arena pertunjukan semacam sirkus.



  • Lain lagi di TPS VIII Jati. KPPS menyediakan tempat tidur di dalam TPS untuk tempat istirahat. Barangkali KPPS berusaha memberi perhatian lebih bagi pemilih yang ingin tidur sejenak karena nonton EURO sebelum mencoblos. Ada-ada saja…

Lepas dari keterbatasannya, kreatifitas ini tentu perlu diapresiasi lebih oleh kita. Dengan dana yang sangat terbatas, ternyata sebagian KPPS bisa berkreasi demi lebih suksesnya Pemilu. Tentu pada masa yang akan datang, mudah-mudahan keunikan-keunikan kemarin menjadi inspirasi bagi TPS lain untuk menampilkan sesuatu yang lebih baik dan produktif lagi. Dan kepada penyelenggara Pemilu diatas KPPS, mudah-mudahan bisa memberi apresiasi lebih atas upaya pengurangan Golput ini.

9 komentar:

  1. kreatip dan luar biasa,sungguh terharu..(halah).

    tapi kok sayangnya tidak ada nuansa UERO 2008 "rasa" TURANGGA SAKTI misalnya,agar wong peniron lebih mengenal dan bangga dengan klub bola yang juga merupakan simbol persatuan di desa peniron?

    atau nuansa lain yang juga bisa di jadikan sosialisasi program2 yang sedang berjalan di pemerintahan desa misalnya..

    ah,tapi itu memang perlu kerja keras yang ekstra hot..

    BalasHapus
  2. hehe

    kok sing ana foto ne mung wong perkutukan? :D

    BalasHapus
  3. @Kang Sinun: Nuansa EURO rasa Turangga Sakti durung kober mosting. Tangane durung nyandak! Hehehe

    @inyong: masalah poto, pancen terbatas. Soale aku kan nang KPPS, dadi ora kober muter-muter kaya wartawan
    Lha sing muter Kang Memed malah ora olih poto. Anane poto transper seka hp Kang Kasidin karo Teguh.
    Lha kepriben maning, ya saanane lah..

    BalasHapus
  4. sedulur kabeh giye maman,kepriye kabare wong peniron???khususe dukuh rayung....inyong kangen mbanget karo rika?

    BalasHapus
  5. bagaimana kabar turangga sakti????/idup turangga sakti

    BalasHapus
  6. warga peniron,,,aku minta support dan doanya, semoga aku bisa wisuda bulan agustus ya....hidup cuma sekali, buat yang tebaik buat ALLOh

    BalasHapus
  7. Hidup itu bukan sekedar dilalui dan dinikmati tapi harus dipelajari juga makna hidup yang sesungguhnya. Belajar memaknai hidup itu bagiku lebih penting dari sekedar belajar matematika fisika atau kimia

    Persoalan hidup itu telah dan akan selalu ada selama hidup manusia, dia bukan untuk ditakuti atau dihindari tapi untuk diatasi kedekatan hati dan penyerahan diri kita kepada ALLOH SWT akan membantu menyegarkan jiwa dalam mengatasi setiap persoalan hidup.

    Kebahagiaan itu tidak datang dengan sendirinya atau serta merta tapi selalu diiringi dengan doa dan kerja keras.

    Semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolahan.

    BalasHapus
  8. Matur nuwun wis mlebu Kang Maman..

    Tek dongakna moga apa sing digayuh bisa kaleksanan. Gusti Alloh tansah ngijabahi wong-wong kang tememen.

    Nek wis kepenak aja kelalen karo desane dewek. Nek udu rika-rika pada, sapa maning?

    ganbatte kudasai!!

    BalasHapus
  9. hehe, masio mung sitik fotone tp apik koh :)

    BalasHapus

- Urun rembug
- Nerusna dopokan
Saran: untuk lebih mempercepat, silahkan langsung pilih profil Anda pada pilihan Nama/URL dengan menuliskan Nama dan URL Anda.