05 Oktober 2008

TAKBIR KELILING

Memeriahkan malam 1 Syawal 1429 H, sekaligus sebagai rasa syukur karena sebulan penuh dapat melalui bulan suci ramadhan, dilakukan takbir keliling dengan pawai obor keliling. Disamping pawai obor juga disertakan musik-musik kentongan dari masing-masing mushola, serta seni permainan api khas Peniron yaitu Abid.

Acara yang diikuti oleh mushola-mushola se Peniron dan digagas oleh Panitia Ramadhan dan Idul Fitri 1429 H IPNU-IPPNU Ranting desa Peniron menempuh rute Masjid Baiturrahim-Masjid Klapasawit-Masjid Baiturrahim-Masjid Perkutukan. Tahun ini, pawai obor terasa jauh lebih meriah dari tahun sebelumnya karena diikuti lebih dari 750an remaja IPNU-IPPNU yang berasal dari 30an mushola-mushola se Peniron, kecuali mushola dari Kadus Bak yang tidak berpartisipasi.


Disamping dikuti lebih banyak peserta, penampilan peserta takbir keliling tahun ini juga sedikit beda dari tahun sebelumnya yang terasa lebih kaku. Jika pada takbir keliling terdahulu kontingen hanya cenderung berkreasi pada bentuk obor, tahun ini ada beberapa kontingen yang berkreasi pada seragam serta musik untuk mengiringi gema takbir.
Seperti penampilan kontingen dari Ikatan Remaja Musholla-musholla Krajan (IRMAK) yang tampil sangat atraktif dengan paduan seragam t-shirt komunitas dengan musik dan takbir. Bahkan terkadang mereka tidak hanya melantunkan takbir, tetapi menyanyikan lagu pop. Atau tampilan dari remaja musholla-musholla Watucagak dengan seragam hitam putihnya.

Menurut Ketua Panitia, Muhsinun (28 th), untuk meningkatkan animo peserta disamping sosialisasi kepada masing-masing mushola dan perubahan format yang sedikit “gaul” khas remaja, Panitia juga melakukan penilaian pada masing-masing kontingen. Penobatan kontingen terbaik versi Panitia akan dilakukan pada acara Halal Bi Halal IPNU-IPPNU pada Jum’at malam Sabtu dan mendapat kenang-kenangan dari Panitia.

Thanks to Muhsinun dkk yang telah memberi hiburan pada kami.

Dan, walaupun tulisan ini terlambat diposting, mudah-mudahan Anda mau menanggapinya dengan masukan dan saran karena akan dapat menyempurnakan kegiatan ini tahun depan. InsyaAlloh.

5 komentar:

  1. terima kasih buat mas mukhsinun yang telah mengadakan takbir keliling di desa peniron moga takbir keliling tahun depan lebih meriah lagi dari tahun sekarang,buat rekan2 yang sudah ikut takbir keliling moga hatinya senang karena gambar anda telah di posting ke dalam internet yang sudah canggih ini,terima kasih sebelumnya buat warga desa peniron salam dari gepeng

    BalasHapus
  2. Saya nda punya foto yg baik, tp kalo video lumayan panjang. Kang Sinun mungkin punya yg bener.
    Bahkan kalo mau nulis, banyak kegiatannya yg bisa diceritakan disini.

    BalasHapus
  3. buat mas aufal,klo ada gambar yang waktu sholat idul fitri di posting juga buat ngobatin kerinduan di desa,sebab saya senang sekali liat blog desa saya yang tercinta pa lagi klo ada gambarnya serasa kaya ada dikampung saja,maaf mas naufal klo kata2 saya kurang pas di hati anda makasih.

    BalasHapus
  4. nufal anu ora sembayang ied dadine ra due potone heee

    BalasHapus
  5. @Kang Sastra aja sembarangan, aku nek sholat Id ora melu kue eman-eman. Lha wong saben wengi ora lali turu saking kepengin e nganggo klambi anyar koh.
    Ya Alloh, ampunilah dosa Kang Sastra karena telah memfitnahku. Tunjukkan dia jalan yang benar dan terimalah di sisi-Mu. hiks hiks...

    BalasHapus

- Urun rembug
- Nerusna dopokan
Saran: untuk lebih mempercepat, silahkan langsung pilih profil Anda pada pilihan Nama/URL dengan menuliskan Nama dan URL Anda.