08 Oktober 2008

LODEH KLEWEK DAN SHOLAT IED

Lodeh/sayur klewek, mungkin cuma ada di Peniron dan sekitarnya, terutama yang mempunyai tradisi sama dengan Peniron. Bahkan di Peniron sendiri mungkin juga tidak semua daerah menggunakan lodeh klewek sebagai menu wajib. Bahkan menu ini bukan hanya saat lebaran, tetapi menjadi menu wajib pada acara lain seperti muludan, rajaban, likuran dan suran.

Klewek adalah buah yang dihasilkan dari pohon pucung. Orang luar Peniron khususnya Kebumen menyebutnya begitu. Bentuk buahnya mirip kerang kecil berwarna hitam. Saya berharap ada yang mau memberikan referensi mengenai klewek karena akses saya dari kampung sangat terbatas untuk membuka-buka winkipedia atau sejenisnya.


Lodeh adalah istilah untuk menyebut sayur secara umum di Peniron. Menyebut lodeh klewek, makanan ini seperti sayur biasa mirip seperti sayur kikil, bahkan mungkin persis tetapi ditambah buah klewek sehingga menjadi kehitaman. Bagi yang belum terbiasa, mungkin sedikit asing, tetapi kalau sudah biasa seperti saya, lodeh klewek menjadi menu yang paling dinanti saat acara badan.

Sebagian, mungkin sudah meniru tradisi kota dengan ketupat dan opornya. Tetapi wong Peniron seperti saya tetap merasa kurang jika belum menyantap lodeh klewek dan goreng ayam kampung. hehe

Sholat Ied

Sholat Ied terutama saat Idul Fitri menjadi momen yang sangat ditunggu karena saat itulah kita bisa ketemu dengan hampir semua orang, laki - perempuan, tua – muda dan ditambah saudara-saudara perantauan. Suasana seperti ini hanya bisa dijumpai saat lebaran.

Yang lebih asyik, setelah sholat Ied diteruskan dengan bersalam-salaman dan karena banyaknya bisa makan waktu cukup lama. Sayangnya, sholat Ied di Peniron tidak dilakukan di satu tempat, tetapi di 4 tempat sehingga tidak bisa bersalaman dari semua penjuru Peniron. Di kota, bersalam-salaman setelah sholat Id mungkin tak lagi ada. Contohnya di daerah mertua saya.

Kangen, tentu subyektip karena berhubungan dengan rasa. Dan, lodeh klewek serta sholat Id adalah salah satu yang saya kangeni di moment lebaran. Teman-teman pasti juga punya hal ngangeni dari kampung yang tak didapatkan di kota. Maka, mudiklah lagi minimal jika lebaran tiba tahun depan.

8 komentar:

  1. nang watulawang biasane kenduren e nganggo iwak wedus karo lodeh kikil, peyek, tempe goreng.. :D


    iya sholat ied nang malang aku ora tau melu salam2an, padahal aku ana ping 5 kayane sholat id nang malang...

    BalasHapus
  2. aku wingi ora sempat diladeni pas mampir meng umahmu si.. hehe
    nek nang nggone uWa ku kaki manten ta esih anggo lodeh klewek wis

    Sholat Id nang kota ujarku kurang berkesan, mulane aku wingi ora sholat Id nang ne mertuaku. Disamping terlalu terburu-buru krn tepat waktu (ora peduli ana sing telat, ra peduli shaf e durung bener dsb), bar sholat langsung bubar.

    BalasHapus
  3. Menyinggung soal kluwekk waaahh, yum ,.. yumm,
    lezaattt. Jadi inget waktu nglamar bojoku sing kebetulan keturunan jogja. saya berpikir apa ya yang bisa munculkan dari peniron? dalam benak hati saya waktu itu, akhirnya pilihan jatuh pada sayur kluwek. singkat cerita setelah sampai di rumah calon istri saya, mereka pada bingung makanan apa ini, dan di kirain makanan yang udah diangetin berkali kali kata mereka. Tetapi dsampai sekarang satu orang yang ketagihan yaitu mertua laki2 saya. Dan sayur kluwek sekarang sudah menjadi tradisi masakan pada waktu lebaran pada kelurga saya di jakarta dan bogor, Mereka setiap lebaran pasti memasak sayur kluwek. dan di bagi tetangga kanan kiri, Terus apa komentar para tetangga, ternyata ketagihan dengan cita ras yang lezaat. Akhirnya kalo lebaran masaknya bisa sampai satu kuli besaarr untuk di bagi2. Dan keinginan saya sekarang adalah pengin bikin warung dengan menu khas sayur kluwekk, doain ya mudah2 an terlksana

    cahpertapan

    BalasHapus
  4. Wah t'nyata nda nyangka sayur klewek malah sudah smp Jakarta ya..
    Tek dongakna bisa t'laksana bikin warung khas dg sayur kleweknya Kang.
    Kalo bisa di patent kan sekalian. Hehe

    BalasHapus
  5. lodeh klewek uenak tenan. aq jadi kangen masakan biyungku.di balikpapan saya pernah liat pohonnya,tp ga da buahnya.

    BalasHapus
  6. Nyong wis suwe bange ora mangan lodeh . jan kepeingin banget cuma waktu lebaran saya gak sempet ncicipin . soalne ya wis angel ngawene.da wis ora kober

    BalasHapus
  7. paling enak lodeh klewek campure kikil, apa maning campure peyek bunder, rasane nyamleng tenan...
    biyungku mesti ora klalen nek rajaban muludan apamaning badan mesti masak lodeh klewek.
    saking istimewane lodeh klewek jaman bien nganti di nggo persembahan khusus nggo kaume (pembantu kaur kesra) nek kenduren pas badan sing diarani "samber gaok" ora ngerti maksude apa ning nek deleng rupane sing ireng mungkin nyelang istilah irenge wulu manuk gaok (manuk pemangsa daging sing wulune ireng)
    kabeh mau kur Mboooooook................

    BalasHapus
  8. Den Bagus, manuk gaok sama dengan Cucak Rowo nda? Yang item, panjang dan berbulu itu?

    BalasHapus

- Urun rembug
- Nerusna dopokan
Saran: untuk lebih mempercepat, silahkan langsung pilih profil Anda pada pilihan Nama/URL dengan menuliskan Nama dan URL Anda.