08 November 2008

KERUSAKAN JALAN PENIRON SUDAH SANGAT PARAH

Jalan kabupaten jalur Karangpoh – Peniron – Kebakalan – Wonotirto – Batas Banjarnegara yang ada di desa Peniron mulai dari SMP N 2 Pejagoan sampai Balai Desa kondisinya semakin memprihatinkan. Kondisi jalan sepanjang 800 meter itu lebih mirip sawah karena penuh dengan kubangan dan lumpur. Apalagi dimusim penghujan seperti sekarang, pengendara motor perlu berhati-hati karena banyak kubangan air bercampur lumpur yang membuat warna motor seperti traktor.


Padahal, jalan itu adalah jalan kabupaten yang dilalui angkutan umum 2 trayek, ke Watulawang dan ke Wonotirto Karanggayam dan menjadi jalan utama desa-desa disebelah barat sungai Luk Ulo sehingga setiap hari ramai dengan lalu lalang kendaraan. Jalan ini juga menjadi jalur proyek jalan tembus Kebumen – Banjar.
Yang menyesakkan, SUDAH PULUHAN TAHUN jalan itu TIDAK PERNAH DIPERBAIKI dengan pengaspalan ulang kecuali hanya diurug pasir. Perbaikan jalan Tembono – Peniron dari dulu hanya berhenti sampai desa Jemur dan Kebagoran. Sementara jalan di Peniron yang baru tahun ini diperbaiki, pun tidak diperbaiki semua.


Sejak awal tahun 2007, ketika Pemkab menganggarkan untuk peningkatan jalan Tembono – Peniron dalam beberapa tahap, masyarakat Peniron ke utara selalu berharap akan menikmati jalan yang bagus seperti daerah-daerah lain. Tetapi sampai Tahap III di pertengahan tahun 2008, ternyata pekerjaan peningkatan jalan hanya sampai dekat SMPN 2 Pejagoan. Sisanya sepanjang 800 meter dibiarkan rusak.


Warga hanya bisa bertanya, ada apa ini? Bagaimana bisa perbaikan dan peningkatan jalan dari dulu seperti tidak pernah memihak warga Peniron? Bagaimana bisa, jalan yang tinggal 800 meter itu tidak masuk dalam perencanaan sebelumnya, padahal kerusakannya sudah parah bertahun-tahun? Lantas, kapan jalan rusak itu akan dibangun? Dan jika sekarang dibangunpun, jalan yang dibangun pada tahap-tahap kemarin sudah rusak, lantas kapan warga Peniron dan sekitarnya akan menikmati jalan bagus?


Bupati, Kepala Dinas, Camat dan Kades harusnya malu pada rakyatnya. Mudah-mudahan walaupun terlambat, ada perhatian dari pihak terkait. Atau karena menjelang Pemilu mudah-mudahan ada angin kepentingan politik bertiup ke utara.
Jika ternyata tidak juga perubahan, semoga masyarakat Peniron sadar, bahwa pilihan pada Pemilu seharusnya digunakan dengan cerdas agar punya nilai tawar di mata politisi dan pembuat kebijakan.


Atau kalau tidak, perlukah warga melakukan aksi simpatik dengan mencangkuli dan menanami jalanan yang lebih pantas sebagai sawah itu?

30 komentar:

  1. mas suhar kenapa sih jalan yang dari curug sampai smp aja sudah di bangun tapi kenapa yg dari smp sampai seterusnya ko ga di perbaiki mang jalan juga kaya manusia apa,jadi kaya anak tiri aja tuh jalan .mas suhar apa ga bisa diusulin lagi tu jalan biar agak bagusan dikit deh,makasih

    BalasHapus
  2. Bupati, Kepala Dinas, Camat dan Kades harusnya malu pada rakyatnya. Mudah-mudahan walaupun terlambat, ada perhatian dari pihak terkait. Atau karena menjelang Pemilu mudah-mudahan ada angin kepentingan politik bertiup ke utara.
    Jika ternyata tidak juga perubahan, semoga masyarakat Peniron sadar, bahwa pilihan pada Pemilu seharusnya digunakan dengan cerdas agar punya nilai tawar di mata politisi dan pembuat kebijakan.tapi klo di jakarta yg begini itu klo dah berhasil langsung di betulin,malahan yg di kampung cuman di bohongin aja sama yang punya hajat kaya begituan maklum orang kampung sih,tp tlng mas2 yg udah pada pinter tlng klo bisa diurusin tu jalan dengan lewat pak kades mungkin kaya begono kli mas suhar tentunya yg lebih faham tentang begituan,maaf ini cuman unek2saya aja yg sudah lama aku pendam,karena saya orang kecil jadi ga bisa ngomongnya makasih.

    BalasHapus
  3. Buat pa suhar saya dukung bapa jd lurah aja kaya mantap dah,seandainya pa suhar jd kades mungkin desa peniron akan lebih maju karena desa peniron di pegang oleh orang yang berpendidikan tiggi dan pintar,tolong pa suhar pa sampean ga ada minat untuk jadi kades peniron untuk tahun yang akan datang?biar bisa ngurusin desa peniron lebih bener lagi,klo perlu kaya perangkat desanya itu yang punya pendidikan lebih tinggi kan sekarang sudah banyak anak desa peniron yang punya pendidikan lebih tinngi,biar bisa ngurusin

    BalasHapus
  4. saya turut prihatin dengan kondisi jalan yang sudah begitu parah.kebetulan saya pas lebaran jalan2 dari peniron sampai desa kebakalan, kondisi jalan masih bisa di bilang layak. mungkin kerusakan hanya di depan balaidesa sampai pejagoan. Kenapa ironis sekali ya padahal jalan dari kebumen ke karangsambung sudah mulus, smoga pihak terkait memperhatikan jalan tersebut demi kepentingan rakyat banyak. saya dukung kang suhar jadi kepala desa.. heheeheh

    BalasHapus
  5. Pemilu besok wong Peniron mau mbalelo Mas. Mau pilih partai kecil karena partai gede calegnya skrg juga masih di dewan yg nyatanya memble.. Itu salah satu bentuk perlawanan kita sekaligus pendidikan politik ke masyarakat.

    Jadi Kades? Nggak lah kang. takut 'ora kuat drajat' trus lupa amanah.. Enak dadi wong biasa kaya dewek siki, merdeka.

    BalasHapus
  6. Melu Ndopok lahhh

    Kagem mas Suhar ayng sudah posting berita ini, saya juga ikut membenarkan, wingi agi nyong balik badan, karo tgl 23 oktober, jan aring wetan SMP dalane pating jlubang, angger kan kidul karang poh ngalor maen banget, bisa mandan ngebut, begitu nang tikungan wetan SMP kudu alon2, heheeh teka2 ngerim, ban e ngesot.
    Kang Suhar, jajal kuwe di kabari wong2 nduwur, apa arep di dandani pa ora, nek dalan kono rekasa, nyong juga melu rekasa, :)
    wingi urung ana udan be pating jlubang, apamaning siki ana banyune, di ingoni lele bae kang, :)
    Trus mengenai pendapat cah bengkek, nyong setuju lah nek mengko periode yg akan datang Pak Suhar jadi Kades, soale mandan nang sisih kulon, dadi mengko ben sarana prasarana sing nang daerah mandan kulon ana sing lewih nggatekna, heheh, kayane pas wis angger dadi lurah, Berbakat.
    Kang, aku juga setuju dengan pemikiran sampeyan, kayane milih partai gede kuwe ora ana timbal balike, dewan dewan sing wis kepilih berkat suarane dewek apda, malah ora pada mikirna nasib rakyat, jajal ayuh nggolet partai sing bisa berjuang temenan.
    Bravo kang Suhar ( calon Lurah Peniron ) :D

    BalasHapus
  7. Sekedar info, Pemilu siki ana wong Peniron sing dadi Caleg tp seka parte cilik.
    Lg diarahna agar wong lor bisa kompak ben due wakil nang dewan. Kebetulan kabeh Lurah lor mendukung t'masuk Lurah Watulawang juga siap.

    Doakan dan mohon bantuan. Bukan utk Partai politik tapi utk kepentingan daerah utara.

    BalasHapus
  8. wah

    parah bener ya..

    sukses juga buat caleg nya, semoga bisa dadi anggota dprd temenan..

    oh ya mas suhar

    postingan sing tekan blogspot kan isa di lebokna nang wordpress (export)

    (mbok menawani urung ngerti, tp nek wis ya uwis :D)

    BalasHapus
  9. Iya Mas, tp drg sempat soale sing sue onlen langsung hp nggo isi komentar.
    Ngesuk nek ana wektu tek utak utike.

    BalasHapus
  10. Mas Suhar ya moga2 perjuangane rika pada sing ana kasil e, lan suara nang pejagoan utara bisa di atur..
    ngomong2 sapa kuwe yaa kandidat e, seka partai apa.? ** nek ulih ngerti :)

    BalasHapus
  11. mas Kadi Prayitno (Bak) lan Mas Sakun (Pranji) keduanya seka PPRN. Sudah ada pertemuan lintas desa utk penggalangan dukungan.

    Sing susah adalah, tradisi politike wong Indonesia sing urung berubah. Walaopun wis milih langsung, tapi esih mati urip melu parte, ora ndeleng sing dipilih sapa.

    Akibate, siki dalan rusak be bingung arep sambat sapa wong wakil e wong adoh kabeh. Padahal sing nang Dewan siki ya pada nyaleg maning. Nek esih dipilih kan kebangeten wong siki bae ora tau peduli karo daerah lor.

    Aku si dudu wong PPRN Mas, tapi demi daerah utara, suaraku siji tek wehna Kang Kadi. Idep2 investasi, sapa ngerti nek dadi ana apike nggo daerah lor.

    Rika aja melu2 provokator Kang. Aku ora wani dadi Lurah. Dadi Kades nang Peniron abot banget. Mending dadi kaya siki bae. Bebas, Merdeka.

    BalasHapus
  12. mas suhar bener sing di omongna wong2 kuwe mau sampeean jan2ne pantes dadi kades,kaya sing di omongna masalah partai kuwe mau perlu di dukung sapa ngerti nek wis sukses ora kelalen karo sing milih lan karo desane sing dalan wis ra di urus kuwe mau,aku ya melu dukung tapi sing di dukung kudu sing bener,mas suhar kenapa sampean ra melu nyaleg nang partai

    BalasHapus
  13. wadu makin parah gitu jalannya denger kapan ada rencana utuk diperbaiki pak suhar? oia aku juga ikut ndukung Pak Suhar jadi KADES untuk periode yang akan datang, setau saya pak suhar selama ini bener2 memperjuangkan desa peniron yang kita cintai, awal mula desa peniron banyak perubahan seperti ini kalo bukan pak suhar siapa lagi. hidup pak suhar.

    BalasHapus
  14. Mungkin tahun depan kalo ada sisa dana Pemilu. Kalo nda ya taun depannya lagi. Hehe

    Aku arep nyalon Bupati bae kang ben langsung bs gawe kebijakan nggo desane dewek.

    BalasHapus
  15. klo begitu kan enak mas suhar sampean berarti ada greget sedikit dengan kepemimpinan desa maupun kepemimpinan yang laen,boleh tuh tar saya jadi tim suksesnya mas suhar gimana klo mau?ya dah tar saya suport terus deh nama sampean di forum yang sudah ada ini.OK,oh ya maaf buat kang ahmad tolong bantu terus buat iklanin mas suhar jd pemimpin desa peniron yg akan datang?

    BalasHapus
  16. Waduh, deneng komentare malah dadi mengendi-endi si..

    Iya, ngesuk aku tek nyalon Bupati lah.. Siki komentari dalan bae ya.

    BalasHapus
  17. dalan peniron kes gemiyen ora ana perubahan. gonta-ganti pemerintahan juga ga ada perubahan. nek kang suhar dadi lurah utawa dadi bupati,mudah2an ada perubahan. mari kita dukung kang suhar!

    BalasHapus
  18. Nek masalah dalan desa ujarku wis mulai lumayan. Cuma karena Peniron amba lan sugih dalan, dadi butuh biaya sing ora setitik.

    Minimal, dalan utama t'masuk sing meng Watucagak ya wis dicor beton.

    Nek Peniron ambane se desa Watulawang kayane dalane wis apik kabeh Kang.

    Nek dalan lor SMP kue dalan kabupaten, dadi sing wenang mbangun ya kabupaten.

    Hihi aku dadi Bupati? Tekan 10 turunan pun kayane ora bakal kelakon.

    BalasHapus
  19. Cah benkek said : klo begitu kan enak mas suhar sampean berarti ada greget sedikit dengan kepemimpinan desa maupun kepemimpinan yang laen,boleh tuh tar saya jadi tim suksesnya mas suhar gimana klo mau?ya dah tar saya suport terus deh nama sampean di forum yang sudah ada ini.OK,oh ya maaf buat kang ahmad tolong bantu terus buat iklanin mas suhar jd pemimpin desa peniron yg akan datang?

    Nau kuwe, rika ketona dadi salah satu calon kuat lohh, pokoke mengko pasca kepemimpinan Bpk. Triyono Adi, pokoke Pak Suhar pada di dukung kon Maju, ketone bisa membawa Peniron semakin maju. di tambah wawasan beliau yang cukup luas dan supel, siki masyarakat wis ora milih sing muwur, tapi milih wong sing bener.
    angger wong muwur, malah kudune di curigani, karena biasane motif e ora maen. utawa nduwe tujuan sing menguntungkan pribadi.
    nyong sebagai tangga desa ya melu ndukung baen lahh... ayuh Pak Suhar, berjuang nggo Peniron

    BalasHapus
  20. Sedulur, kue bae masalah dalan jeblog dipikirna ora usah mikiri politik desa. Ben bae masalah suksesi kepemimpinan mlaku alamiah.

    Nek wis mangsane kan akeh sing karep.

    Taun baru Islam pada bali apa ora? Kang Gareng mbok arep njaluk semburku. Hehe

    BalasHapus
  21. Nomong2 Tuchn Jalan ada rencana mau diperbaiki ga si N kapan waktunya,?

    kalo ga diperbai2ki mendingan tanemin pohon pisang aja tuch bagus N menghasilkan lagi.

    BalasHapus
  22. sudah tenang aza sih mad tar juga ada yang mau benerin klo ngliatnya ga pake maata aza tapi pake pikirann dan segala2nya pasti tar di betulin,mungkin sekarang juga lagi di pikirkan bagaimana caranya mau betulin jalan,apa mau pke aspal keweh atau aspal pasir utawa aspal damen kan haahaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  23. Aduh jan, ra kepenak sing nyawang nang krantoan dah, dalan ko kaya leleran sebaran ya, apa ora ana sing rumangsa kue jane ya?

    BalasHapus
  24. dalan rusak pancen umum tur akeh tunhale. moga-moga nek sida dadi dewan ora kelalen asale. soale kursine empuk.....

    BalasHapus
  25. @kang Tajukrakal, moga2 sih dalan rusak kelase jalan kabupaten trus wis puluhan taun mung nang Peniron tok bae. Melas le pada mbayari pajeg.

    Motivasi dadi dewan pancen arep golet Kang. Jadi rakyat harap maklum. :@

    BalasHapus
  26. bos jalan yang rusak haraus kita pikirkan ber sama
    karena mungkin yang diatas (Pemerintah)sedang sibuk kita harus kerja bakti apa apa agar jalan bisa minimal tidak berlubang sukur _sukur halus katanya aakan dibangun tahun ini Y@ bos apa kapan ya

    BalasHapus
  27. nek kerja bakti kayane berat Kang. Soale rusake parah, volume lumayan lan kendaraan sing liwat juga abot-abot.

    Lagian jaman siki rakyat kon kerja bakti wis pada bebeh. Soale sing nang nduwur foya-foya masa sing nang ngisor sing kon rekasa bae..

    BalasHapus
  28. klo mnrt saya sbknya jalan peniro hrs segera diperbaikicz sdh smkn parah.dismpg tujg kshn bwt ank sekolah yang jalan kaki krn klo hjn jln tersebut semakin becek.


    salam buat anak2 peniron.
    n bwt mz kasid mg2 tmbh pelanggnya

    thx

    BalasHapus

- Urun rembug
- Nerusna dopokan
Saran: untuk lebih mempercepat, silahkan langsung pilih profil Anda pada pilihan Nama/URL dengan menuliskan Nama dan URL Anda.