18 Januari 2009

MERDI BUMI

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan Muharam atau bulan Sura/Suro, di Peniron selalu diadakan selamatan desa. Di Peniron, selamatan desa setiap bulan Suro ini disebut Merdi Bumi atau Merti Desa.

Semenjak kepemimpinan Kades Triyono Adi, acara selamatan desa selalu diadakan 2 hari. Hari pertama/malam pertama diisi acara pengajian, sedangkan hari kedua diisi pagelaran wayang kulit. Hal ini bertujuan untuk menghormati budaya masyarakat Peniron yang beragam, terutama mengakomodir dua kelompok berpaham Kejawen dan Santri.

Yang perlu diketahui, acara selamatan desa di Peniron dibagi menjadi 2 kategori yaitu Merdi Bumi dan Ruwat Bumi. Merdi Bumi diadakan setiap tahun, dan pada setiap 3 tahun dinamakan ruwat bumi. Merdi Bumi dan Ruwat Bumi disamping berbeda pemaknaan juga dalam hal tata caranya, walaupun acara masih sama pengajian dan wayangan.

Merdi Bumi adalah sebuah selamatan desa sebagai bentuk syukur dan permohonan agar desa menjadi desa yang gemah ripah loh jinawi kerta titi tentrem kerta raharja. Dalam pengajian dan wayangan, diadakan seperti biasa tak ada ritual dan lakon khusus.

Ruwat Bumi diadakan sebagai ritual untuk meruwat bumi atau membersihkan bumi dan isinya dari hal/aura jahat. Dengan demikian, maka setelah diruwat, bumi dan penghuninya terhindar dari malapetaka. Pada ruwat bumi dihari pertama konon Kyai yang akan mengisi acara pengajianpun berdoa khusus untuk membersihkan dan memagari Peniron dari hal-hal buruk. Sedangkan pada acara wayangan, pagelaran wayang adalah khusus untuk ruwat, yaitu dengan tidak menggunakan kelir, menggunakan blencong/lampu minyak. Lakon dan dalangnyapun khusus untuk acara ruwatan dan dilakukan pada pagelaran siang hari.

Yang paling ditunggu, selesai dalang melakukan ritual ruwat seluruh sesaji dan sarana ritual berupa tumpengan, hasil bumi dan lain-lain akan menjadi rebutan warga. Sebagian memang masih mempercayai bahwa sesaji dan sesranan lain yang telah diberi doa-doa itu akan mendatangkan berkah. Begitulah kepercayaan........

Tahun ini, Peniron hanya mengadakan Merdi Bumi karena ruwat bumi sudah diadakan tahun lalu. Acara diadakan hari Jumat - Sabtu, 16-17 Januari 2009 bertempat di balai desa. Hari pertama adalah acara pengajian yang diadakan malam Sabtu dengan diisi pengajian oleh Kyai Sardi dari Lirap, Petanahan. Disamping pengajian, malam itu juga diisi hiburan seni janeng sampai pagi pimpinan Bpk Irfangi dari Krajan.


Hari kedua adalah pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Wartun Gati Wicara dari desa Watulawang. Disamping menampilkan dalang muda yang cukup mumpuni, wayangan malam tadi juga menampilkan sinden yang lumayan cantik sehingga wayangan tadi malam dihadiri banyak penonton.

Disamping dihadiri masyarakat, Muspika dan Kades tetangga, pagelaran wayangan juga dimanfaatkan oleh para caleg dengan hadir untuk bersosialisasi. Sebagian caleg itu bahkan menjadi donatur dengan sumbangan uang yang lumayan banyak. Untungnya, tidak ada hal-hal yang berbau kampanye pada malam itu, kecuali sebagian permohonan lagu dari penonton yang mengatasnamakan simpatisan parpol.

17 komentar:

  1. Lah jan maen temen kue....
    Wayange apa Sindene...

    BalasHapus
  2. Nek aku pancen seneng wayang nek sindene ayu Kang. Hahahaha.. terutama dalang sing terlalu monoton, ngantuki. Ben ora ngantuk, sindene kudu ayu. Terus gelem plirak plirik. hehehe

    BalasHapus
  3. Nek aku juga seneng nonton wayang apa maning jaman e ndisit pas esih nang kampung dadi bocah tukang nonton nang ndi bae,agi juga ndisit kayane sering ngerti sampean nonton cuman aku ndisit esih cilik dadi arep takon2 esih isin,mulane aku ngerti sampean mas suhar,yah emang masalah dalang juga no 1 tapi sing lewih no1 yah sindene lah kan kaya kuwe mbok mas suhar?

    BalasHapus
  4. Kang Gareng, rika tunggal guru karo nek kaya kue. Hehe

    BalasHapus
  5. wah jan sinden sapa kuwe yahh...
    tukang potone mandan mbajug kuwe hahahhhaah
    ukurane sing di poto kan raine mbok dadi ngerti ayu apa orane, kkiye malah dadane jan...
    sing moto mesthi karo nglongok kuwe, tur jarak deket, wilangane ora di tabok nang tukang kendang kuwe :D

    BalasHapus
  6. kue sindene sing njaluk difoto kaya kue Kang. Nek ora percaya takon dalang Wartun. hehe

    BalasHapus
  7. bos massa foto sindene kaya gue mandan2 kepriwe yakin sing ora ngerti kan ndarani udu sinden wayang sinden apa biduan kue bos nger ulih saran apa ora bosen dalange kue - kue bae apa pancen anu wis langganan Ya........ apa biayane nger dalang liane ra cukup ya..........

    BalasHapus
  8. Mandan kepriwe Kang? Mandan hot? Anane kue tok soale..
    Masalah dalang pancen jane ya ora melulu Wartun. Wingi juga dalang Sis kan?
    Sebagai info, nang Krpoh Wartun dibayar 6,5 jt nang Peniron mung 2,5 jt. Anggarane dewek pancen cuma mampu segitu.
    Moga2 taun ngesuk anggarane munggah ben bs anggo dalang adoh. Bagi sing seneng wayang, Wartun jane ya maen koh.

    BalasHapus
  9. Kulo nuwun...

    Waaahhhh..., salam hormat saya untuk pak kades Triyono Adi yang nguri-uri kabudayan... Saya senang sekali mendengarnya.

    Di tengah arus imperialisme budaya asing..., masih ada sedulur-sedulur yang ngugemi kabudayan.

    Tapi itu kok gambar bawah..., gambar 'gelatik mungup'??? Wkwkwkwkwkwkwk.... :D

    BalasHapus
  10. Monggo Kang Itempoeti..
    Itu yang bawah bukan gambar gelatik, CUcak Rowo! hehe

    BalasHapus
  11. nylekamin temen sangune sindene...
    pengumuman nek sing butuh sinden kang suhar dodolan sinden juga, walopun udu nang wayangan tetep gelem "nyinden"
    sampel bisa di priksani nang nduwur mau, heheheheh

    BalasHapus
  12. wkwkwkwkwkwkwkkkkk......... ngawur kue.
    Sing bener dodolan dudu dodolan sinden tapi "sinden". hahahaa

    Ayo ayo, ada yang minat?

    BalasHapus
  13. anu kebriben sihhhhhhh deneng sindene urung disensor....ya pada seneng kuwe lah mas Suhar, diwenehi gambar sing liyane baheeeee apa ora ana kang

    BalasHapus
  14. Memenuhi request Ct, gambar sinden akan saya hapus.

    Gambar sinden masih dilihat di flickr. :-(

    BalasHapus
  15. OK. Makasih mas Suhar

    BalasHapus
  16. haloooooooo?ini sebenere siti sapa sih mas admin,koh cuman siti2 aza apa aku kenal ga sapa ngerti klo aku kenal salm aza buat kamu yg pnya nama siti

    BalasHapus
  17. ech ada yang penasaran tuch ma yang namanya citie, mentang2 di blong ini baru ada cw atu yang baru masuk gepeng jadi penasaran, kowe penasaran peng kakakakakaka, DAUN SALAM, BUAH MANGGIS DAPET SALAM EUY DARI COWO MANIZ, LUNA MAYA NGENDONG ANAK, SI GEPENG KAYA KUNTILANAK. KAKAKAKAKAK(=).

    BalasHapus

- Urun rembug
- Nerusna dopokan
Saran: untuk lebih mempercepat, silahkan langsung pilih profil Anda pada pilihan Nama/URL dengan menuliskan Nama dan URL Anda.